Wednesday, May 16, 2012

15 Daftar Search Engine / Mesin Pencari Terpopuler Saat Ini

Mesin pencari atau dikenal dengan search engine sekarang memang menjadi rujukan utama bagi pengguna internet jika mencari info atau berita. Dengan adanya mesin pencari, orang bisa dengan mudah menemukan, mencari, dan mengumpulkan informasi dengan mudah hanya dengan mengetik kata kunci atau key words. Setelah itu, maka mesin pencari akan menampilkan daftar website dengan konten sesuai dengan keywords yang diketik.

Di Indonesia, mesin pencari yang paling banyak dikujungi adalah Google, tapi selain itu juga banyak mesin pencari yang bermunculan seiring dengan meningkatnya kebutuhan pengguna internet tentang keberadaan mesin pencari. Saya akan berbagi info tentang 15 search engine yang paling populer di dunia versi aBizMBA yang dirilis 5 Mei 2012. eBizMBA.com dirilis oleh eBizMBA Inc. yang merupakan sebuah perusahaan yang berbasis pengetahuan yang membantu para pelanggan untuk menemukan daftar website yang coocok untuk bisnis online tertentu, mulai dari online marketing sampai pengembangan website, dan venture capital.

Penentuan "populer" ini tentu saja dari jumlah pengunjungnya. eBizMBA merilis daftar search engine paling populer ini berdasarkan eBizMBA Rank yang hasilnya selalu di update dari Alexa Global Traffic Rank (Alexa Rank) dan US Traffic Rank.

Berikut daftar 15 search engine populer dunia:

  1. Google
  2. Semua pengguna internet pasti tahu search engine yang satu ini. Search engine yang ditemukan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini sekarang menjadi perusahaan yang punya banyak anak perusahaan dan semakin sering membeli website yang populer, seperti blogpot. Google menempati posisi 1 untuk eBizMBA Rank dengan pengunjung 900.000.000 orang perbulan. Juga menempati posisi 1 Quantcast Rank dan nomer 1 pula di Alexa Rank.

  3. bing
  4. Mesin Pencari baru buatan Microsoft ini di-launching tahun 2009 untuk menggantikan MSN Live yang kalah tenar dibanding Google. Bing dikunjungi 165.000.000 perbulan. Bing Menempati posisi 16 Quantcast Rank dan nomer 22 pula di Alexa Rank.

  5. Yahoo! Search
  6. Yahoo! seacrh merupakan mesin pencari milik Yahoo.com ini menempati posisi ke tiga dengan 160.000.000 kunjungan perbulan. Menempati urutan ke 28 dalam Quantcast Rank.

  7. Ask
  8. Ask ditemukan oleh Garrett Gruener and David Warthen in Berkeley, California tahun 1996. Ask diperkirakan dikunjungi 125.000.000 pengguna dalam satu bulan. Menempati posisi 4 di Quantcast Rank dan 52 di Alexa Rank.

  9. Aol Search
  10. Seperti yahoo! AOL juga menampilkan kumpulan informasi pda halaman muka website dan mesin pencarinya terletak di bagian atas. Dikunjungi oleh 33.000.000 pengunjung perbulan. Ranking ke 240 di Quantcast Rank.

    Berturut-turut peringkat dibawahnya adalah:
  11. Mywebsearch
  12. Lycos
  13. dogpile
  14. webcrawler
  15. info
  16. infospace
  17. search.com
  18. excite
  19. goodsearch
  20. altavista

16 comments:

  1. Mesin pencari "jempoldeh" ga masuk ya...?

    ReplyDelete
  2. riyin: saya lihat di website resmi bro, dari eBizMBA, itu dihitung dengan perhitungan Alexa Rank dan US Traffic Rank.

    ReplyDelete
  3. jempol: masuk donk, masuk di hati ku. hehehehe

    ReplyDelete
  4. wah thaks gan bisa refrensi untuk optimasi nh....

    ReplyDelete
  5. bagus infonya.....
    tp saya ada saran jika postingannya disertai dengan cara submit url ke seacrh angine tersebut.
    soalnya blog saya:

    http://alhabibi89.blogspot.com/

    susah untuk disubmit ke bing.com dan yahoo
    ada saran mas??

    tq

    ReplyDelete
  6. Free download film (adult, semi, action, adventure, dll) + Subtitle Indonesia link indowebster.
    filmidws.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. www.kios-pulsa.com/?id=dealerresmipulsa99

    ReplyDelete
  8. Blogwalking ya sob http://rasipil.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. thanks infonya
    http://thazbhy.blogspot.com/

    ReplyDelete
  10. good information,jangan lupa kunjungi blog ane juga ya,
    http://pkrmyblog.blogspot.com/ ,thanks

    ReplyDelete
  11. mantab gan, makasih infonya, tapi untuk yahoo kog susah ya daftarnya?
    http://info-kerja-kamu.blogspot.com/

    ReplyDelete