Sunday, May 20, 2012

Aplikasi untuk Ketahui Tingkat Pemahaman Siswa di Kelas

Kadang-kadang siswa di kelas malu untuk menanyakan sesuatu tentang topik yang diajarkan guru walaupun dia belum paham tentang apa yang dijelaskan. Entah karena malu atau alasan yang lain, hal ini tentu saja berdampak saat ujian, siswa yang belum jelas tentu terkendala dalam mengerjakan tugas atau soal.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengembang bernama Liam Kaufman memperkenalkan aplikasi yang bernama Understoodit dan aplikasi ini memungkinkan ssiwa untuk menceritakan kepada guru bahwa dia belum paham tentang pelajaran.

Bagaimana aplikasi ini bekerja? Lihat videonya disini!

Ketika guru menetapkan sebuah akun Understoodit, maka murid-murid bisa masuk atau login dengan menggunakan beberapa perangkat. Handphone atau Laptop bisa digunakan untuk login oleh siswa. Setelah login, murid bisa memilih opsi "paham" atau "bingung" selama pelajaran berlangsung. Tergantung pada berapa banyak siswa yang merespon, guru dapat kembali menjelaskan topik yang dianggap bingung, atau anggota kelas lah yang membahas topik yang sulit bersama-sama.

Program ini cenderung ke arah mahasiswa, mengingat bahwa untuk menjalankan aplikasi ini menggunakan perangkat dan sebagian sekolah menengah tidak mengizinkan anak bawa ponsel di kelas. Jika ada cara untuk menggunakan aplikasi ini tanpa khawatir gangguan smartphone, bisa menjadi alat yang baik untuk siswa sekolah baik menengah dan tinggi, juga.

0 comments:

Post a Comment