Saturday, May 26, 2012

Berniat Beli "Opera", Facebook buat Browser Sendiri?

Siapa yang tidak mengenal facebook, sejak IPO Facebook meledak mencapai $16 milyar, tentu saja mereka punya "modal cukup" untuk mengembangkan sayapnya. Untuk memantabkan posisinya di dunia maya, facebook berniat untuk membeli perusahaan browser yang sangat terkenal dan berbasis di Norwegia, yaitu Opera, serperti yang dilaporkan oleh Pocket-lint.



Bukan tanpa alasan Facebook mengincar Opera untuk dilahap. Fakta bahwa Opera merupakan browser yang bekerja tidak hanya di dekstop komputer, tetapi juga sangat banyak dijalankan di berbagai mobile phone, tablet, dan bahkan di Nintendo Wii. Opera mengklaim bahwa perusahaannya memiliki lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Selain itu, Opera sudah dinobatkan sebagai mobile browser yang sangat baik dan memiliki pertumbuhan yang kuat dua tahun terakhir.


Jika pembelian itu benar-benar terjadi, mungkin saja Facebook mengubah nama browser Opera dengan Browser Facebook. Facebook bisa berekspansi lebih dengan menguasai dunia mobile karena Opera memang terkenal dengan mobile browser nya. Perusahaan raksasa internet, seperti Google, Apple, Microsoft, Mozilla, dan Yahoo juga meluncurkan browser nya masing-masing, kan!


UPI merilis Juru Bicara Facebook mengatakan perusahaanya belum bisa mengomentari lebih jauh tentang pembelian Opera. Juru bicara Opera pun senada dengan perkataan Juru Bicara Facebook bahwa perusahaan tidak menanggapi tumor pasar.

2 comments: