Friday, June 15, 2012

Apple Patenkan Aplikasi Swappable Lens


Sebuah arsip paten yang diterbitkan Kamis, 15 Juni kemarin menunjukkan sebuah konsep menarik iPhone yaitu lensa kamera yang bisa diganti (swappable).

Diajukan oleh Apple, aplikasi Panel Belakang untuk Perangkat Elektronik Portable dengan Pilihan Lensa Kamera dan diajukan secara original di US Patent dan Trademark Office pada akhir 2010.

Saat ini, iPhone dan perangkat iOS lainnya tidak mengizinkan pengguna untuk mengubah optik kamera atau lensa. Tapi aplikasi ini akan menjelaskan sebuah sistem yang akan meluncurkan optik swappable untuk perangkat portabel.

Diantara isi aplikasi pengajuan adalah "Ini bertujuan untuk menyediakan struktur perangkat yang kompak yang memungkinkan end-user untuk mengkonfigurasi ulang susunan perangkat optik tapi mempertahankan manfaat perakitan perangkat menggunakan subsistem pencitraan digital pre-assembled".

Aplikasi ini sebagai ganti dari backplate non-removable seperti di perangkat IOS saat ini, aplikasi rincian backplate removable yang menampakkan optik kamera.

AppleInsider mensinyalir ada beberapa kemungkinan yang akan diterapkan. Pertama, dengan filter IR-cut dilepas dari backplate, fotografer bisa menangkap gambar hitam-putih dalam kondisi cahaya minimal. Juga, sistem memungkinkan lensa untuk close-up yang akan sangat berguna bagi fotografer makro.

Pihak ketiga seperti Olloclip sudah menawarkan fungsi serupa untuk shutterbugs iPhone dengan menyediakan fisheye, wide-angle dan lensa makro. Tapi sistem built-in akan lebih mudah untuk swap-out dan akan membiarkan iPhone mempertahankan faktor portabilitas.

0 comments:

Post a Comment