Monday, June 11, 2012

Hati-hati! Aplikasi Mobile Ambil Data Anda Tanpa Permisi

Daftar nama dan nomor ponsel yang ada dalam smartphone adalah data penting. Apalagi si empunya smartphone tidak hanya menyimpan nomor ponsel, melainkan juga menyimpan pin ATM atau credit card. Tapi, ternyata perusahaan aplikasi mobile seperti Iphone App ataupun Android bisa mengambilnya tanpa sepengetahuan Anda.

Perusahaan-perusahaan yang membuat aplikasi untuk Iphone dan gadget Android seperti Twitter, Foursquare atau Instagram, secara rutin mengumpulkan informasi  tentang daftar nomor ponsel dari ponsel Anda dan bukan tidak mungkin menyimpannya di komputer mereka

Semua aplikasi Apple yang muncul di toko iTunes mengambil dan mengumpulkan informasi pribadi pengguna ponsel tanpa sepengetahuan pengguna. Padahal, TOS Apple melarang hal tersebut. Namun dalam pernyataannya tentang masalah ini, Apple tidak menjawab mengapa aplikasi yang mengumpulkan data buku alamat telah disetujui.

Dalam pernyataannya, Tom Neumayr, juru bicara Apple, mengatakan: "Aplikasi yang mengumpulkan atau mengirimkan data kontak pengguna tanpa izin, jelas melanggar panduan kami. Kami berusaha untuk membuat pelanggan merasa nyaman, dan seperti kebijakan kami, setiap aplikasi yang ingin mengakses data kontak akan memerlukan persetujuan pengguna secara eksplisit.

Jadi, jangan heran kalau ada dugaan bahwa semua data pribadi kita yang ada di jejaring sosial bahkan yang ada dalam ponsel kita adalah komoditi pasar bagi sebagian orang. Untuk itu, berhati-hatilah dalam menyimpan data-data Anda.

0 comments:

Post a Comment