Tuesday, June 5, 2012

Youface: Jejaring Sosial Mencontek Facebook

Jika tiruan atau imitasi adalah bentuk perhargaan yang tulus kepada produk originalnya, maka Facebook mendapatkannya dari Youface. Youface adalah sebuah situs jejaring sosial dari Uzbekistan. Jejaring sosial yang masih dalam versi beta ini sedikit atau banyak mirip dengan Facebook.

Youface didirikan oleh seorang pemuda Uzbekistan yang bernama Ayyub Abdulloh pada tanggal 5 Mei kemarin. Youface sendiri tidak menggunakan domain .com untuk situs mereka, namun menggunakan domain lokal Uzbekistan yaitu .uz. Walaupun ditujukan untuk pengguna internet Uzbekistan, Ayyub membuka kantor pusatnya di Dubai.

Kemiripan Youface dengan Facebook terletak pada desain websitenya. Logo Youface yang terletak pada sudut kiri atas, kotak login terletak di sebelah kanan atas, dan form pendaftaran yang terletak di sebelah kanan sangat mirip dengan desain website yang digunakan Facebook.

Tidak hanya itu, motto, yang tulisannya tidak saya mengerti sama sekali bahkan setelah diterjemahkan dengan Google Translate beserta gambar yang digunakan oleh Youface menambah kesan kalau situs ini "mencontek" Facebook. Bedanya, kalu Facebook menggunakan peta dunia, Youface menggunakan gambar globe yang warnanya difokuskan pada daerah Uzbekistan.

Untuk mendaftar di Youface, pengguna cukup menyediakan nama, alamat email dan nomor telepon seluler. Mengenai kontennya, saya tidak begitu mengetahuinya karena saya sendiri tidak mendaftar di situs ini.

So, bagaimana komentar Anda mengenai situs "pencontek" Facebook ini? Silahkan berkomentar.

Link: Youface

0 comments:

Post a Comment