Tuesday, July 31, 2012

Ilmuwan Canada Kembangkan Robot Terapung dan Lincah Berjalan di Air

Robot memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Sekarang, robot berperan banyak dalam memudahkan pekerjaan manusia dan mengganti peran manusia. Salah satunya dalam hubungannya dengan dunia air.

Dalam penelitian yang telah dipubilasi di American Chemical Society's journal Applied Material & Interfaces, Ilmuwan Kanada mengatakan bahwa mereka telah membuat sebuah robot yang tidak hanya bisa berjalan di atas air seperti serangga strider air tetapi juga bisa melakukan lompatan di atas permukaan.

robot terapung
 Baca Juga : Hadir, Robot Penyelamat di Laut

serangga air yang bernama "water strider"

Beberapa robot kecil yang dapat berjalan di atas air telah dikembangkan dan dapat melintasi danau dan  air lainnya untuk memantau kualitas air atau operasi pengawasan.

Peneliti yang bernama Pan Qinmin dari University of Waterloo di Ontario, Kanada, dan rekan-rekannya mengatakan mereka telah membangun sebuah robot air yang bisa berjalan dan melangkah dengan baik dan melompat di atas air.




Robot yang mereka temukan menggunakan nikel yang ekstra kedap air dan berpori di tiga kaki pendukung dan dua kaki yang digunakan untuk melompat, robot ini bisa melompat setinggi 5.5 inchi, walaupun beratnya adalah 1.100 kali lipat dari serangga strider air.

Para peneliti mengatakan bahwa pada saat pengetesan dilakukan, robot bisa melompat 14 inchi ke depan dan hal itu merupakan lebih dari dua kali panjang robot itu dan bisa "berselancar" di air dengan kecepatan 2.6 mil per jam.

Lanjut mereka, kemampuan yang dimiliki robot untuk melompat yang sama dengan kemampuan dalam berjalan membuat microrobot ini lebih lincah dan lebih mampu menghindari rintangan di atas permukaan air.

0 comments:

Post a Comment